Rabu, 23 Oktober 2019

TIPS TRIK KOMPUTER DAN INTERNET

Cara Praktis Belajar Komputer dan Internet bagi Pemula


 Artikel ini ditujukan bagi kamu para pemula (newbie/noob) yang baru mengenal komputer dan masih belum begitu terbiasa cara mengoperasikan komputer maupun mengakses internet. Bagi kamu bukan pemula kelihatannya memang sepele, dan silakan dilewatkan. Tetapi tidak ada salahnya turut membaca. Siapa tahu kamu bisa melengkapi dengan kritik, saran dan masukan. Saat kamu memulai belajar suatu program atau berinternet (ketika sedang mengakses semua program/aplikasi/software apapun), ketahuilah bahwa suatu program diciptakan agar mudah diaplikasikan dan dioperasikan bagi semua orang. Kamu tidak perlu takut untuk memulai belajar komputer dari nol. Karena pasti setiap program aplikasi, apapun itu, telah dilengkapi dengan tata cara dan petunjuk bagi penggunanya yang disertakan didalamnya. Semua itu "tersembunyi" dalam menu "Help". Fungsi Menu "Help" yang (seringkali) Terabaikan oleh Para Pengguna Komputer Semua program telah dilengkapi dengan menu "Help" yang pada umumnya terletak di kanan atas menu setiap aplikasi. Jadi apa lagi? Bila kamu kesulitan, cukup buka menu "Help".

Memang banyak orang yang tidak menyadari (sebenarnya tahu dan paham betul bahwa Help disini berarti bantuan), tetapi amat jarang pengguna memanfaatkan secara optimal. Padahal disitu telah dituliskan semua hal tentang tata cara dan petunjuk pengoperasian mulai A hingga Z.

Kenapa orang-orang jarang menggunakannya? Apakah karena malas membaca? Malas membaca? Hmmm, bukankah menjalankan komputer harus disertai kemampuan membaca? Jadi apa ya?? Atau karena malas meluangkan waktu untuk sedikit berpikir memahami langkah-langkah yang diberikan pada menu bantuan tersebut? Bisa jadi itu kemungkinan pertama. Kemungkinan kedua adalah, tidak mengerti bahasa Inggris. Karena semua program sebagian besar ditulis dalam bahasa Inggris. Wah, kalau sudah begini bagaimana ya? Jadi mesti kursus bahasa Inggris dulu sebelum belajar komputer dan internet? Tidak juga, bukan begitu. Tidak perlu pintar berbahasa Inggris untuk mengerti dan bisa mengoperasikan komputer. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akibat Buruk komputer Bagi Kesehatan Tubuh

Akibat Buruk Komputer Bagi Kesehatan Tubuh Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat didepan komputer selama berjam-jam setiap ha...