Rabu, 16 Oktober 2019

Dampak Penggunaan Komputer Bagi Manusia

Dampak Penggunaan Komputer Bagi Manusia

Komputer adalah perangkat elektronik yang digunakan untuk memecahkan berbagai masalah berdasarkan intruksi yang telah kita perintahkan. Komputer sekarang menjadi salah satu benda elektronik yang paling dikagumi dan banyak diminati oleh masyarakat, karena kepandaiannya dalam mengolah data, sehingga memudahkan urusan penggunanya.

Memang banyak sekali manfaat komputer seperti yang telah kita bicarakan sebelumnya. Walaupun komputer memberikan banyak dampat positif, namun komputer juga dapat memberikan dampak negatif kepada penggunanya. Apa sajakah dampak negatif dan positifnya? Mari kita simak dibawah ini.

Dampak Positif dan Negatif Pada Masyarakat


Dampak Positif Pada Masyarakat


Penggunaan komputer telah mempengaruhi setiap bidang kehidupan. Orang menggunakan komputer untuk melakukan banyak tugas yang berbeda. 

- Komputer menyelesaikan banyak tugas dengan Mudah dan sangat cepat sehingga dapat menghemat waktu dan usaha kita. 

- Banyak perusahaan menggunakan komputer untuk menyimpan catatan dan menjaga data mereka. 

- Bank memelihara account untuk penggunaan komputer dan mengelola transaksi keuangannya. Bank memberikan fasilitas transaksi online. Misalkan saja kita ingin mentransfer kas dari satu negara ke negara lain atau Bank akan memberikan kartu kredit dan kartu debit yang akan kita gunakan untuk belanja online.

- Penggunaan komputer dapat juga untuk membayar tagihan dan juga dapat digunakan untuk mengelola anggaran rumah kita.

- Penggunaan komputer dalam bidang pendidikan dapat meningkatkan proses belajar mengajar.

- Selain itu penggunaan komputer dalam setiap bidang kehidupan seperti medis, bisnis, industri, penerbangan dan prakiraan cuaca dll.


Dampak Negatif Pada Masyarakat


Penggunaan komputer telah juga menciptakan beberapa masalah di masyarakat seperti berikut ini:

- Pengangguran
Tugas yang berbeda dilakukan secara otomatis dengan menggunakan sebuah komputer. Ini dapat mengurangi orang-orang yang membutuhkan pekerjaan sehingga peningkatan pengangguran di masyarakat meningkat.

- Pemborosan waktu
Banyak orang menggunakan komputer tanpa tujuan positif seperti hanya unttuk bermain game dan chatting dengan teman-teman lama. Hal ini menyebabkan pemborosan waktu dan energi. Kecuali memang penting.

- keamanan data
Orang yang tidak sah dapat mengakses data melalui jaringan kita. Ini dapat menciptakan masalah serius bagi keamanan data.

- Kejahatan komputer (Cyber Crime)
Banyak orang menggunakan komputer untuk tujuan negatif. Mereka meret*s nomor kartu kredit rakyat dan menggunakannya untuk belanja.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akibat Buruk komputer Bagi Kesehatan Tubuh

Akibat Buruk Komputer Bagi Kesehatan Tubuh Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat didepan komputer selama berjam-jam setiap ha...