Rabu, 16 Oktober 2019

Guru dan Pemanfaatan Komputer di Kelas

Guru dan Pemanfaatan Komputer di Kelas

Dalam aplikasi penggunaan komputer di sekolah, kerja guru dipengaruhi oleh kinerja berbagai pihak yang secara langsung maupun tidak langsung berkontribusi terhadap keberhasilan pemanfaatan computer. Pihak-pihak itu adalah guru itu sendiri, teknisi, siswa, dan tentunya perangkat computer.
Sejauh mana para guru dapat memanfaatkan komputer di sekolah, akan memberikan gambaran umum proses penggunaan teknologi di kelas. Keadan itu menuntut para guru untuk memperluas wawasan dan pengetahuan dalam memanfaatkan komputer sebagai alat yang berkolaborasi dengan proses pembelajaran.
Keterbatasan kemampuan penggunaan komputer, persiapan penggunaan komputer, dan kekhawatiran kegagalan dalam menggunakan komputer ketika mengajar, serta ketidakmauan guru untuk mengubah metode belajar yang lebih modern berbasis komputer menjadi faktor yang menghambat pembelajaran dengan teknologi. Padahal di era teknologi tinggi ini, guru dituntut untuk dapat meleburkan penggunaan komputer dalam proses belajar mengajar di kelas.
Pihak teknisi komputer, merupakan pendukung langsung proses belajar mengajar. Guru harus dapat membina hubungan dan bekerjasama dengan baik dengan mereka agar masalah teknis dalam penggunaan komputer cepat teratasi. Percepatan penyelesaian masalah computer akan membawa pada kelancaran proses pembelajaran di kelas.
Selanjutnya, siswa, juga menjadi pihak yang berkontribusi terhadap keberhasilan penggunaan komputer di kelas, seperti tingkat kemahiran siswa dalam menggunakan komputer sebagai alat belajar, dan motivasi untuk menggunakan komputer. Akan tetapi, pada umumnya jika terdapat masalah pada pihak siswa, solusinya lebih mudah untuk dicari, seperti ketidakmampuan penggunaan komputer dapat diatasi dengan adanya kelas komputer, atau pelatihan computer bagi siswa. Ditambah lagi dengan kondisi siswa jaman sekarang yang sudah familiar dengan komputer akan memudahkan pelatihan komputer yang cepat dan efektif.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Akibat Buruk komputer Bagi Kesehatan Tubuh

Akibat Buruk Komputer Bagi Kesehatan Tubuh Terlalu lama duduk dengan posisi yang tidak tepat didepan komputer selama berjam-jam setiap ha...